Sebagai upaya menambah wawasan dan kompetensi Auditor Audit Mutu Internal (AMI) Universitas Diponegoro, LP2MP Universitas Diponegoro menyelenggarakan Workshop Auditor Audit Mutu Internal (AMI) Tahap 2 selama 2 hari 20 – 21 September 2023 yang bertempat di Ruang Sidang LP2MP, Gedung ICT Center Lantai 3 Universitas Diponegoro.

Acara ini merupakan kelanjutan dari Workshop Auditor Audit Mutu Internal (AMI) tahap pertama yang telah diselenggarakan pada bulan lalu. Tujuan diselenggarakannya workshop ini untuk melatih, membekali, dan memperbanyak jumlah Auditor Audit Mutu Internal (AMI) yang tersertifikasi.Workshop diikuti oleh 59  Auditor dan 3 Ketua Prodi yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro, Prof. Faisal, SE, M.Si, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya proses penjaminan mutu pendidikan di sebuah universitas sebagai langkah strategis dalam mewujudkan pencapaian IKU PTNBH dan IKU Universitas.

Memasuki acara inti di hari pertama, materi “Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal, Penyamaan Persepsi tentang SPMI, dan Evaluasi dan Audit Mutu Internal di Perguruan Tinggi” disampaikan oleh Dr. Ir. JP. Gentur Sutapa, M.Sc dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaa Direktorat Penjaminan Mutu Kemendikbudristek. Penjelasan materi dari narasumber yang menarik dan interaktif membuat peserta workshop sangat antusias menyimak dan memahami isi materi. Acara di hari pertama workshop berlangsung cukup meriah karena diadakan Pre Tes yang mana jika peserta mendapatkan nilai terbaik akan diberikan souvenir oleh panitia. Acara di hari pertama diakhiri dengan penjelasan oleh Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal LP2MP Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si, MT beserta tim mengenai perencanaan AMI, Evaluasi Diri, Pelaksanaan AMI dan Penyusunan Kertas Kerja Audit (KKA) serta pembagian 3 kelompok kecil untuk kegiatan di hari kedua workshop.

Di hari kedua, peserta langsung bergabung ke kelompoknya masing-masing yang terbagi dalam 3 ruang. Dalam masing-masing kelompok telah ditunjuk Ketua Auditor, Anggota, Fasilitator dan Ketua Prodi. Terdapat beberapa pertanyaan yang bisa diajukan oleh Auditor ke Ketua Prodi sebagai proses simulasi pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI). Jawaban atas pertanyaan yang diajukan akan dientrykan ke dalam borang audit dan dikompilasi dengan jawaban lainnya untuk menghasilkan kesimpulan/resume.

Acara selanjutnya, peserta mengikuti dan menyaksikan proses simulasi Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Dalam kegiatan simulasi Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut ada yang berperan sebagai Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Ketua LP2MP yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam menjamin terlaksananya proses penjaminan mutu pendidikan. Memasuki sesi akhir acara, diadakan Post Tes untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman peserta workshop terhadap proses Audit Mutu Internal (AMI). Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan pembagian souvenir bagi peserta yang mendapatkan nilai terbaik di Post Tes serta peserta yang paling aktif selama kegiatan Workshop Auditor Audit Mutu Internal (AMI) Tahap 2 Tahun 2023.