Menindaklanjuti kegiatan Workshop Implementasi Permendikbudristek No 53 Tahun 2023 terhadap Kurikulum Perkuliahan yang telah terselenggara tanggal 5 Februari 2024 dan pengembangan dan penyusunan kurikulum perkuliahan, LP2MP Universitas Diponegoro menyelenggarakan Workshop Finalisasi Kurikulum Sarjana di Unversitas Diponegoro pada tanggal 20 – 22 Juni 2024 yang bertempat di Hotel Grasia Syariah, Semarang. Workshop diikuti oleh 208 peserta yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Ketua Tim Kurikulum Prodi, dan Tim Reviewer Kurikulum Universitas Diponegoro. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro, Prof Dr. rer nat. Heru Susanto, ST, MM, MT. Dalam sambutannya, beliau berpesan bahwa kurikulum dalam sebuah Perguruan Tinggi akan terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan secara berkelanjutan untuk menyiapkan pendidikan yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten dan terampil. Para pemangku kepentingan dalam hal ini, Dekan, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan jajarannya diharapkan bisa menyusun dan mendesain kurikulum dengan seefektif mungkin sehingga lulusan yang dihasilkan mempunyai softskill dan hardskill yang berdaya saing global.

Memasuki acara dihari Pertama, Peserta dibagi menjadi kedalam 3 ruang kelas. Tiap-tiap kelas akan didampingi oleh 3 orang reviewer kurikulum. Peserta yang terdiri dari Kaprodi, Sekprodi dan Ketua Tim Kurikulum Prodi diberikan kesempatan selama 60-90 menit untuk memaparkan draft Kurikulum untuk masing-masing Prodi. Setelah pemaparan selesai, Reviewer memberikan masukan berupa sturktur kurikulum, sebaran mata kuliah, CPL, dan lain-lain. Masukan dari para reviewer Kurikulum ini sangat berguna untuk perbaikan dan penyempurnaan Kurikulum Prodi sehingga nantinya Kurikulum Final telah sesuai dengan kententuan dan peraturan yang berlaku.

Acara dihari kedua, 58 Peserta langsung memasuki ruang kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Peserta diberikan kesempatan secara bergantian untuk memaparkan hasil draft Kurikulum untuk tiap-tiap Prodi. Peserta memberikan penjelasan mengenai struktur draft Kurikulum, alasan mengapa draft Kurikulum disusun sedemikian rupa hingga Profil Lulusan yang diharapkan. Reviewer memberikan masukan dan tanggapan secara menyeluruh terhadap draft Kurikulum Peserta dan diharapkan revisi draft Kurikulum segera dapat ditindaklanjuti.

Dihari terakhir acara, 45 Peserta yang hadir langsung memasuki ruang kelas masing-masing. Pemaparan draft Kurikulum dilakukan secara bergantian sesuai urutan kesiapan dan kedatangan Peserta di ruang kelas. Peserta dengan penuh semangat memaparkan draft Kurikulum tiap-tiap Prodi. Setelah 60 menit peserta melakukan pemaparan, Reviewer Kurikulum memberikan tanggapan dan masukan terhadap draft Kurikulum. Reviewer menyoroti desain kurikulum yang sebaiknya dibuat sesuai dengan keilmuan prodi namun tetap memperhatikan durasi studi mahasiswa.

Acara berakhir tepat pukul 12.00 WIB dan ditutup oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan. Setelah acara ini berakhir, diharapkan peserta dapat melakukan perbaikan dan penyempurnaan draft Kurikulum sesuai dengan arahan/masukan reviewer.