Kegiatan Capacity Building bagi para dosen dan tendik di LP2MP Universitas Diponegoro dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 21 Juli 2024, di Karanganyar, Solo. Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kinerja dan kerja tim bagi para dosen dan tenaga kependidikan di LP2MP Universitas Diponegoro. Upaya peningkatan kinerja dan kerja tim ini dikemas dengan metode yang menarik, yaitu melalui berbagai permainan serta kunjungan ke beberapa tempat wisata yang indah. Seluruh peserta Capacity Building mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan penuh antusias dan sukacita.

Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude), dan perilaku (behaviour) dari SDM. Pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level atau tingkatan, yaitu individu, kelompok, dan institusi atau organisasi. Proses ini bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan.

Rangkaian kegiatan pertama dalam capacity building kali ini adalah menikmati keindahan panorama Kebun Teh Kemuning dan berfoto bersama. Udara di sekeliling perkebunan teh yang sejuk dan segar bermanfaat untuk membantu relaksasi pikiran dan terbukti dapat mengurangi stres, terlebih dilakukan bersama dengan rekan kerja. Ada beberapa area yang cukup menantang adrenalin di kebun teh tersebut, yaitu jembatan kaca dan jembatan gantung. Rangkaian kegiatan capacity building selanjutnya adalah berkeliling Kebun Teh dengan menggunakan Jeep. Wisata berkeliling Jeep ini sangat mengasyikkan sekaligus menegangkan, karena Jeep akan melewati jalan-jalan yang bergelombang, jalan berlumpur, dan menyusuri sungai. Wisata berkeliling menggunakan Jeep ini juga sangat membantu dalam relaksasi pikiran.

Puncak kegiatan Capacity Building berlangsung pada malam hari di Aula Penginapan D’LAWU. Kegiatan diisi dengan motivasi dari Ketua dan Sekretaris LP2MP tentang kiat-kiat untuk meningkatkan kinerja dan kerja tim di lingkungan LP2MP. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan permainan. Peserta capacity building kali ini dibagi menjadi empat kelompok, dan setiap kelompok wajib memilih ketua kelompoknya masing-masing. Setiap permainan sangat membutuhkan kekompakan tim dan konsentrasi yang tinggi. Pada hari kedua, seluruh dosen dan tendik di LP2MP diberikan hiburan yang menarik, yaitu mengelilingi pasar tradisional di Kota Solo untuk berbelanja batik dan oleh-oleh. Kegiatan Capacity Building ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan kerja tim yang solid di LP2MP.