Sebagai Langkah nyata untuk meningkatkan kompetensi Auditor Audit Mutu Internal (AMI) Universitas Diponegoro, LP2MP Universitas Diponegoro menyelenggarakan Pelatihan Auditor Audit Mutu Internal (AMI) selama 2 hari 28 – 29 Agustus 2024 yang bertempat di Hotel Grand Candi, Semarang. Workshop diikuti oleh 122  Auditor dan 5 Ketua Prodi yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro. Acara dibuka oleh Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr.nat.tech. Siswo Sumardiono, S.T., M.T.. Dalam sambutannya, beliau berpesan untuk senantiasa menjaga kualitas mutu Pendidikan melalui siklus PPEPP karena mutu Pendidikan merupakan panglima tertinggi di Universitas Diponegoro.

Memasuki acara inti di hari pertama, materi “ Implementasi SPMI berdasarkan Permendikbudristek No 53 Tahun 2023”, “Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI)”, “Pengertian Audit Mutu Internal (AMI)”, “Perencanaan Audit Mutu Internal (AMI)” di sampaikan oleh Dr. Ir. JP. Gentur Sutapa, M.Sc dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Penjaminan Mutu Kemendikbudristek. Acara di hari pertama workshop berlangsung cukup meriah karena diadakan Pre Tes yang mana jika peserta mendapatkan nilai terbaik akan diberikan hadiah souvenir oleh panitia. Acara di hari pertama diakhiri dengan penjelasan oleh Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal LP2MP Dr. Ir. Naniek Utami Handayani, S.Si, MT beserta tim mengenai cara pelaksanaan AMI dan Penyusunan Kertas Kerja (KKA) serta pembagian 5 kelompok kecil untuk kegiatan di hari kedua.

Di hari kedua acara, peserta langsung bergabung ke kelompoknya masing-masing yang telah di bagi menjadi 5 ruang kelas. Dalam masing-masing kelompok telah ditunjuk Ketua Auditor, Anggota, Fasilitator dan Ketua Prodi (Auditee). Ketua Auditor memimpin jalannya proses Asessmen Kecukupan (AK) dan Asessmen Lapangan (AL) berdasarkan dokumen Akreditasi. Terdapat beberapa pertanyaan yang bisa diajukan oleh Auditor ke Ketua Prodi (Auditee)  sebagai proses simulasi Audit Mutu Internal (AMI). Acara selanjutnya, peserta mengikuti dan menyaksikan proses simulasi Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Dalam kegiatan simulasi Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) tersebut ada yang berperan sebagai Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Ketua LP2MP. Memasuki sesi akhir acara, diadakan Post Test untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta pelatihan auditor AMI terhadap proses Audit Mutu Internal (AMI). Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan pembagian souvenir bagi peserta yang mendapatkan nilai terbaik di Post Tes dan peserta yang paling aktif dalam kegiatan Pelatihan Auditor Audit Mutu Internal (AMI) 2024 .