Universitas Diponegoro melalui Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) turut berpartisipasi untuk memeriahkan Pameran Pendidikan Solo Edu Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Solo Raya di Graha Solo Raya pada tanggal 12-13 Desember 2023. Dalam sambutannya pada Opening Ceremony, Ketua Panitia, Drs. Sugeng, M.Psi., menekankan bahwa expo ini bukan hanya sebagai acara tahunan, tetapi juga sebagai platform penting untuk memperkenalkan Perguruan Tinggi (PT), baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan melibatkan 72 Perguruan Tinggi, kegiatan ini bertujuan memberikan informasi studi lanjut secara langsung kepada siswa SMA/SMK/MA dan orang tua.

Acara dibuka dengan penampilan tari gambyong dari SMAN 3 Surakarta dan dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia, Drs. Sugeng, M.Psi., serta pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Tim Sosialisasi dan Promosi Undip, yang terdiri dari 5 orang, hadir untuk memberikan informasi komprehensif tentang jalur seleksi, biaya pendidikan, program studi, fasilitas, dan keunggulan yang dimiliki oleh Undip.

Pada hari pertama pameran, booth Undip mendapatkan apresiasi yang positif terbukti  dikunjungi lebih dari 1200 pengunjung. Tim Sosialisasi dan Promosi Undip dengan antusias memberikan informasi komprehensif tentang jalur seleksi, biaya pendidikan, program studi, fasilitas, dan keunggulan Undip. Pertanyaan yang sering diajukan oleh para pengunjung mengenai program beasiswa, profil lulusan, dan materi perkuliahan.

Tim Sosialisasi dan Promosi Undip juga memberikan pelayanan prima dengan memberikan jawaban dan penjelasan yang informatif atas setiap pertanyaan yang diajukan. Selain itu, Tim Sospro Undip menjelaskan secara rinci tentang profil Universitas Diponegoro, termasuk pilihan program studi, fasilitas, aplikasi layanan, akses lokasi, prestasi universitas, unit kegiatan mahasiswa, dan Program Beasiswa. Informasi terkini tentang jadwal pelaksanaan SNBP dan SNBT 2024 juga disampaikan. Selain itu, Tim Sosialisasi Undip juga menyelipkan game-game kecil berhadiah merchandise Undip yang berhasil menambah antusiasme peserta Solo Edu Expo 2023.

Tujuan utama keikutsertaan Undip dalam event ini adalah memperkenalkan Undip kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA dan pengunjung Solo Raya Edu Expo 2023, serta memberi motivasi agar mereka memilih program studi yang sesuai dengan minat dan potensi masing-masing. Keberhasilan partisipasi Undip dalam event ini tidak hanya menciptakan kesadaran akan keberagaman program studi dan keunggulan universitas, tetapi juga memberikan dorongan positif kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan keyakinan dan pemahaman yang lebih baik. Event ini tidak hanya menjadi ajang promosi, tetapi juga sebuah langkah nyata untuk mendekatkan Undip dengan calon mahasiswanya di Solo Raya dan sekitarnya.