Dasar Penyusunan Kriteria

1.Kriteria untuk Indikator Kinerja Utama

Indikator Kinerja Utama baik dalam SPMI maupun AMI UNDIP disusun berdasarkan Indikator IAPS 4.0 BAN PT sesuai jenjang Program Studi yang ada di Universitas Diponegoro yaitu: Sarjana Terapan, Sarjana, Magister, Doktor, Profesi dan PPDS. Hal ini bertujuan integrasi AMI UNDIP dengan sistem penjaminan mutu eksternal, AMI UNDIP telah diharmonisasikan dengan standar penjaminan mutu eksternal, yaitu IAPS 4.0 BAN-PT. Hal ini akan memudahkan proses penilaian akreditasi program studi dan institusi. Peningkatan akuntabilitas dan transparansi, IAPS 4.0 menekankan pada akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan perguruan tinggi. Indikator AMI yang disusun berdasarkan IAPS 4.0 akan membantu perguruan tinggi untuk lebih akuntabel dan transparan dalam kinerjanya kepada publik.

2.Kriteria untuk Indikator Kinerja Tambahan Universitas Diponegoro

Indikator Kinerja Tambahan baik dalam SPMI maupun AMI Perguruan Tinggi di UNDIP disusun berdasarkan IKU PTN BH sebagai kontrak kinerja antara Menteri Kemendikbudristek dengan Rektor UNDIP, RENSTRA UNDIP. Penyusunan IKT berdasarkan IKU PTN BH bertujuan untuk menjamin kesesuaian antara indikator SPMI / AMI UNDIP dengan regulasi dan standar nasional serta dan ketercapaian kinerja UNDIP. Sementara itu, penyusunan IKT berdasarkan RENSTRA UNDIP bertujuan untuk pencapaian target strategis UNDIP, melalui integrasi RENSTRA dengan sistem monitoring dan evaluasi, sehingga memungkinkan UNDIP untuk melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja secara berkala dan sistematis untuk memastikan pencapaian target dan efektivitas program serta membantu pimpinan UNDIP untuk pengambilan keputusan, menentukan prioritas program, mengalokasikan sumber daya secara efektif, dan melakukan perbaikan berkelanjutan.

3.Kriteria untuk Indikator Kinerja Tambahan Fakultas

Indikator Kinerja Tambahan baik dalam SPMI maupun AMI tingkat Fakultas atau Sekolah di UNDIP disusun berdasarkan RENSTRA Fakultas atau Sekolah, indikator LAM maupun Lembaga Akreditasi Internasional (LAM) dan Lembaga Akreditasi Internasional. Penyusunan IKT berdasarkan RENSTRA Fakultas/ Sekolah bertujuan untuk menjamin kesesuaian dengan visi dan misi Fakultas/Sekolah, sehingga dapat membantu Fakultas dalam mencapai tujuannya dan berkontribusi pada pencapaian visi dan misi UNDIP secara keseluruhan. Penyusunan IKT berdasarkan LAM / Lembaga Akreditasi Internasional bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar akreditasi LAM dan Akreditasi Internasional, sehingga Program Studi di Fakultas/Sekolah dapat memenuhi standar akreditasi dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan nilai akreditasi yang tinggi.