Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Kriteria AMI Prodi di Universitas Diponegoro

Perbedaan karakteristik pada setiap jenjang Program Studi menjadi alasan utama mengapa indikator AMI disesuaikan dengan setiap strata. Setiap strata prodi memiliki instrumen akreditasi yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing strata. Perbedaan ini dapat dilihat pada beberapa aspek, seperti:

  • Kriteria penilaian:Kriteria penilaian akreditasi untuk setiap strata prodi berbeda-beda. Contohnya, kriteria penilaian untuk prodi sarjana lebih menekankan pada capaian pembelajaran lulusan (CPL), sedangkan kriteria penilaian untuk prodi magister lebih menekankan pada kemampuan penelitian dan publikasi.
  • Bobot penilaian:Bobot penilaian untuk setiap kriteria juga berbeda-beda. Contohnya, bobot penilaian untuk CPL pada prodi sarjana mungkin lebih besar dibandingkan dengan bobot penilaian untuk CPL pada prodi magister.
  • Standar minimal:Standar minimal untuk setiap kriteria juga berbeda-beda. Contohnya, menurut taxonomy bloom, standard minimal CPL pada prodi sarjana lebih rendah dibandingkan dengan standard minimal untuk CPL pada prodi magister dan doktor.

Indikator AMI perlu disesuaikan dengan perbedaan karakteristik Program Studi dan instrumen akreditasi pada setiap strata prodi agar dapat:

  • Memastikan relevansi AMI dengan instrumen akreditasi:Indikator AMI yang relevan dengan instrumen akreditasi akan membantu prodi dalam mempersiapkan diri untuk proses akreditasi.
  • Meningkatkan efektivitas AMI:Penyesuaian indikator AMI dapat membantu prodi dalam fokus pada aspek-aspek yang paling penting untuk mencapai tujuan akreditasi.
  • Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi:Indikator AMI yang jelas dan terukur akan membantu stakeholders dalam memahami kinerja prodi.

Berdasarkan alasan tersebut, LP2MP menyusun kertas kerja AMI berdasarkan strata / jenjang Program Studi. Adapun kertas kerja AMI yang telah disusun adalah:

  1. Kertas Kerja AMI Program Sarjana Terapan
  2. Kertas Kerja AMI Program Sarjana
  3. Kertas Kerja AMI Program Magister
  4. Kertas Kerja AMI Program Doktor
  5. Kertas kerja AMI Program Studi Profesi
  6. Kertas Kerja AMI PPDS-PPDSS